6 Key e-Business Strategic Decisions on Bhineka.com

bhinekaNah hari ini kita mau bahas yang berbau-bau strategy nih…yeiihh walau judulnya memang terlihat rada membosankan..trus bikin ngantuk…ya tapi apa boleh buat deh…

Setelah klak-klik sebentar di wikipedia…nih akhirnya dapat juga pengertian strategi dari om Wiki..

Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktifitas dalam kurun waktu tertentu.

Didalam strategi yang baik terdapat koordinasi tim kerja, memiliki tema, mengidentifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan gagasan secara rasional, efisien dalam pendanaan, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif.

Strategi dibedakan dengan taktik yang memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang lebih singkat, walaupun pada umumnya orang sering kali mencampuradukkan ke dua kata tersebut.

Di dalam e-business, ada 6 key strategic decisions. Nah karena tadi baru aja iseng-iseng ngecek harga memory komputer dari Bhineka.com maka untuk contoh saya ambil dari sini aja deh…mumpung lagi ada ide nih…


Decision 1: E-business channel priorities

Seperti yang kita tau..untuk melakukan transaksi di Bhineka.com tuh ada beberapa cara…bisa melalui transaksi online,bisa juga transaksi offline,atau kalo emang pengen dapetin harga yang lebih murah lagi..bisa dateng langsung ke tokonya…jadi bisa nawar-nawar dikit gitu…kalo gak sempet ke tokonya dan gak punya sambungan internet..pesen melalui customer servicenya juga bisa kok..jadi para pembeli gak usah repot-repot deh memusingkan cara bertransaksinya…


Decision 2: Organizational restructuring and capabilities

Nah yang ini emang rada ribet dan bikin males buat dibahas…rada gak ngerti juga sih maksudnya tuh apa…tapiii setelah seliweran di google akhirnya ketemu juga nih maksudnya…ternyata Di dalam organizational restructuring and capabilities, Bhinneka.com menggunakan strategi ā€˜In-house division (integration)ā€™, dengan pendekatan integration akan lebih mudah untuk mencapai economic of scale, dimana efisiensi dari pembelian dan distribusi lebih mudah dicapai…hayooo jangan pada bengong yee…emang bahasanya rada sulit dimegerti nih..


Decision 3: Business, service, and revenue models

Untuk business, service, and revenue models Bhinneka.com, maka saya mencoba untuk membaginya ke dalam 3 bagian:

  • Marketplace position: Posisi Bhinneka.com adalah sebagai Reseller/retailer (intermediary), karena produk-produk yang ditawarkan bukanlah produk-produk yang diproduksi sendiri oleh Bhinneka.com…yah daripada jadi yang bikin,…kan mendingan jadi penjual tuh…lebih keliatan hasilnya :p
  • Revenue model: Revenue model dari Bhinneka.com yaitu Commission-based sales, dimana tentunya Bhinneka.com akan mendapatkan keuntungan (komisi) dari produk-produk merek terkenal yang dia jual.Makin banyak merk terkenal yang dijual makin besar juga tuh untungnya…soalnya orang kan kalo nyari barang tuh pasri dengan merk terkenal…biar awet gitu maksudnya..
  • Commercial model: Commercial model dari Bhinneka.com adalah Fixed-price sale, soalnya harga yang ditawarkan di website Bhinneka.com adalah harga yang pasti, walaupun harga tersebut dapat berubah-ubah tergantung kepada kurs dollar yang berlaku saat ini.Fiuhh…untung aja kurs dollar lagi turun terus nih…wah pantesan aja ya cepet kaya…soalnya emang bener-bener gak bisa ditawar..tapi gak tau deh kalo belanja di tokonya langsung…masa nawar seribu perak aja gak boleh???!!!

Decision 4: Marketplace restructuring

Di dalam marketplace restructuring dibagi menjadi 2 sisi, yaitu sell-side dan buy-side.

  • Sell-side: Bhinneka.com merupakan Online Intermediary dari produk-produk komputer merek terkemuka. Transaksi terjadi di website Bhinneka.com, walaupun pembayarannya dilakukan secara offline. Selain itu, Bhinneka.com juga menjadi retailer dari produk-produk tersebut, baik secara online maupun penjualan melalui toko-toko Bhinneka.com yang tersebar di Jakarta.Pembayarannya dilakukan secara offiline karena kebanyakan orang-orang di indo blom terlalu percaya sama pembayaran online nih…
  • Buy-side: Untuk buy-side, umumnya produk-produk yang ditawarkan oleh Bhinneka.com langsung diambil dari distributor besar ataupun produsennya langsung. Transaksi ini dapat dilakukan secara online maupun offline.


Decision 5: Market and product development strategies

Strategi yang digunakan oleh Bhinneka.com dalam pengembangan market dan produknya adalah Market penetration strategies. Dengan strategi ini, Bhinneka.com dapat meningkatkan loyalitas pelanggannya dan memberikan nilai tambah dari setiap pelayanan yang diberikan. Yah seperti yang semua orang tau..pelanggan adalah raja…sekalinya orang udah merasa nyaman sama pelayanan kita..Dia pasti akan datang ke tempat kita terus…tul gak???


Decision 6: Positioning and differentiation strategies

  • Product performance excellence: Hal ini dapat dilakukan dengan cara melakukan online product customization. Misalnya, di Bhinneka.com kita dapat menambahkan bisnis onlinenya dengan fitur perakitan PC secara online. Sehingga pelanggan dapat membeli sebuah PC dengan spesifikasi yang dia inginkan.Menurut saya cara yang satu ini lumayan cerdas nih buat narik perhatian pembeli…kan jarang-jarang tuh ada online shopping buat komputer yang sudi ngerakitin komputer …
  • Transactional excellence: Bhinneka.com dapat menambahkan informasi mengenai jumlah barang yang tersedia, atau di lokasi toko mana saja barang tersebut tersedia. Sehingga pelanggan dapat mengetahui apakah dia perlu melakukan transaksi secara online, atau mungkin jika lokasi toko tempat barang yang dia cari dekat dengan posisi dia berada, dia dapat langsung mengunjungi toko tersebut.Yeihhh jadi dia gak usah jauh-jauh muterin jakarta tuh buat nyari satu barang…
  • Relationship excellence: Bhinneka.com dapat membuat database pelanggan yang menyimpan historical sales order pelanggan, bagaimana transaksi dilakukan, kepuasan pelanggan, alamat pengiriman, dsb. Sehingga pelanggan tidak perlu lagi melakukan konfirmasi ulang mengenai lokasi pengiriman dsb. Hal ini tentu akan mempercepat proses transaksi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s