penting gak sih E-Procurement itu?

E-Procurement….? Apa sih yang dimaksud dengan E-procurement itu? E-procurement adalah adalah pengadaan/pembelian business-to-business (B2B) dan penjualan barang dan jasa melalui Internet maupun sistem-sistem informasi dan jaringan lain. Secara umum, dengan menerapkan E-procurement, maka perusahaan dapat menghemat uang, waktu, dan beban kerja tambahan yang normalnya berhubungan dengan pekerjaan tulis-menulis. Proses pengadaan konvensional biasanya melibatkan banyak pemrosesan kertas-kertas, yang mana menghabiskan sejumlah besar waktu dan uang. Dalam beberapa contoh, biaya pemrosesan berkurang sebesar 85%. E-procurement merupakan komponen besar dalam e-commerce B2B modern dan dapat diterapkan pada spektrum luas industri dan pasar. Berikut saya akan mencoba mengulas, keuntungan-keuntungan apa aja sih yang sudah dirasakan dengan menerapkan E-procurement, terutama di Indonesia….nahh gitu tuh penjelasannya…

Apa aja sih kelebihan dan manfaat E-procurement :

  • Dapat dipantau secara on-line tiap transaksinya, dengan ini masyarakat dapat dengan mudah mengawasi jalannya tender yang dilakukan. Jika ada kejanggalan atau tidak transparan dalam proses tendernya masyarakat dapat mengadukannya ke pihak KPK.Wuhuuuu lagi jaman kejayaan KPK neh..maen ciduk ornag yang KKN xixixi…
  • Terjadinya efisiensi penggunaan pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara yang biasa di singkat dengan APBN. Dengan e-procurement pengumuman tender dapat dengan mudah di umumkan karena tidak menggunakan media kertas yang dapat menambah biaya.Yahhh..mayan ngirit kertas kan??!!
  • Pengadaan barang atau jasa dengan e-procurement dapat dengan cepat di proses di bandingkan dengan cara konvensional. Jika di rata-ratakan pengadaan barang secara konvensional memakan waktu sekitar 36 hari sedangkan dengan menggunakan e-procurement hanya berkisar 20 hari.
  • Dengan e-procurement yang di terapkan diharapkan terjadi persaingan yang sehat antar pelaku usaha, sehingga dapat mendukung iklim investasi. Para pelaku usaha di harapkan dapat melakukan efisiensi dalam aktifitas oprasional perusahaannya agar dapat bersaing dengan perusahaan lain tetapi memiliki hasil yang baik dalam pelaksanaannya.
  • Dengan e-procurement wilayah yang di cakup lebih luas di banding sistem manual yang pernah di terapkan. Sehingga wilayah operasi suatu BUMN bisa mencakup ke pelosok indonesia.

Nih..Salah satu contoh perusahaan yang telah menggunakan E-Procurement adalah PT. Aneka Tambang (Antam). Struktur biaya operasional PT. Antam didominasi oleh biaya material dan biaya pelayanan. Oleh karena itu, PT. Antam membutuhkan sinergi dan kerjasama dengan partner dan supplier mereka untuk dapat menyediakan produk dan pelayanan sesuai dengan kebutuhan kualitas produk di waktu yang tepat, lokasi yang benar dan dengan biaya terendah. Hal ini dikarenakan PT. Antam ingin mewujudkan salah satu misi mereka untuk menjalankan perusahaan secara efisien dan menjaga daya saing di industri tambang. Salah satu usaha yang dilakukan adalah meningkatkan teknologi supply chain management (SCM) dengan penggunaan E-Procurement.

Dengan penggunaan E-Procurement, PT. Antam mendapatkan banyak kelebihan seperti :

  • Penghematan biaya logistik dengan mempersingkat siklus logistik.
  • Pencarian infomasi transaksi yang mudah dan pembayaran yang terotomatisasi
  • Informasi dapat dikendalikan dengan baik
  • penghematan waktu pemilihan barang dan jasa.
  • Mendapatkan proses pemilihan barang dan jasa yang adil dan transparan
  • Meningkatkan profit perusahaan secara signifikan
  • Mengurangi tingkat kesalahan pada user

Dari contoh PT. Antam, terbukti bahwa E-Procurement dapat membuat suatu perusahaan lebih efisien dan juga meningkatkan profitabilitas perusahaan. Tetapi, ada beberapa kendala yang dapat timbul dengan penggunaan E-Procurement disuatu perusahaan. Sistem E-Procurement membutuhkan investasi dana yang cukup besar, karena membutuhkan infrastruktur besar juga pelatihan kepada user-user. Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sistem harus dapat terintegrasi dengan supplier. Untuk PT. Antam, kendala ini cukup teratasi, karena adanya dukungan dari para partner dan supplier mereka.Nah gitu deh sekilas penjelasan tentang E-Procurement teman-teman ^^

Advertisements

2 thoughts on “penting gak sih E-Procurement itu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s