Perkembangan Internet…

Internet merupakan fasilitas dan media informasi yang sudah lama ditemukan yaitu sekitar tahun 1983 dan mulai “booming” di Indonesia sekitar tahun 1996. Dengan Internet kita bisa ngelakuin apa aja, mulai dari nyari informasi, belajar, sampai bertransaksi. E-business atau jual beli barang lewat Internet sudah sangat populer di banyak negara. Akan tetapi, hal tersebut masih kurang populer bagi masyarakat Indonesia. Berbagai alasan seperti koneksi Internet yang tidak mendukung, kriminalitas yang tinggi serta masyarakat Indonesia yang belum “Internet-minded” menjadi halangan bagi berkembangnya E-business di Indonesia.

Dulu. . .

Pada saat awal masuknya internet di indonesia kecepatan koneksinya masih sangat terbatas sekali. Sehingga dalam mengaksesnya masih terbatas sekali hanya di beberapa tempat saja. Dulu mengakses internet hanya di lakukan di kantor saja atau di rumah saja itu juga kalau sudah mempunyai koneksi internet. Dan yang mempunyai akses internet masih beberapa kalangan saja.  Penetrasi komputer portable atau komputer jinjing dan konektifitas wifi pun masih sangat jarang di indonesia saat itu. Keadaan ini menjadikan internet masih sangat terbatas sekali penggunanya.

Sekarang. . .

Internet sekarang sudah sangat pesat perkembangannya, kecepatan koneksinya juga makin besar bandwidthnya. Seperti yang saya sebutkan sedikit di atas internet sekarang sudah masuk desa, ini menunjukan bahwa internet makin besar penetrasinya. Internet sekarang aksesnya hampir bisa dilakukan di mana saja, cafe-cafe sekarang makin banyak yang menyediakan wifi gratis ini yang saya sebut dengan ‘there‘. Akses internet tak hanya di satu tempat saja seperti zaman dulu tetapi di tempat-tempat santaipun kita dapat melakukan akses internet.  Saat ini penetrasi dari notebook atau komputer jinjing pun makin besar di banding dengan PC. Secara standart rata-rata notebook atau komputer jinjing mempunyai feature wifi sehingga untuk mengakses internet dapat dilakukan tanpa harus menyambungkan kabel ke komputer.

Masa Yang Akan Datang (Future Time)

Dengan berkembangnya teknologi internet nirkabel (wireless), penetrasi internet terhadap pasar akan tetap meningkat pada masa yang akan datang. Pengembangan WiFi menuju ke WiMax akan membawa dampak yang cukup signifikan terhadap perkembangan dan peningkatan frekuensi transaksi yang dilakukan melalui internet. Selain teknologi, peningkatan transaksi melalui internet juga didukung dengan konsep-konsep website yang semakin bersifat user-friendly dan sederhana untuk digunakan.

Naaahh..sgitu ajalah penjelasannya..gak usah panjang-panjang…bosan nanti bacanya 😉

Advertisements

2 thoughts on “Perkembangan Internet…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s