Begini nih cara Tuhan menegur gw….

Jujur aja..bingung mau nulis apaan..tapi kok keinginan buat nulis sangat menggebu-gebu..nahhh kan…jangan heran kalo gw suka aneh kayak gini…pasti sisi melankolis gw sedang menguasai logika nihh…

Tiba-tiba kepikiran tentang gimana cara Tuhan menegur kita…

Ohh heyy…Pernah gak sihh kepikiran kalo orang-orang yang gak sengaja ‘lewat’ di depan mata lo walau hanya berapa detik doang itu bisa ngubah cara pandang lo..dari yang tadinya lo gak peka,bisa jadi peka….dari yang tadinya lo lebay,bisa bikin lo jadi ‘biasa aja’..dari yang tadinya lo gak tau bersyukur,bisa jadi sadar kalo lo itu beruntung,..de el el…de el el….

Iyaaaa…pernah gak siihh lo mikir kayak gini..’OMG, ni orang bener-bener bikin gw sadar akan sesuatu!’ atau ‘duhh makasih Tuhan,gara-gara tu orang,mata gw jadi terbuka deh.’

Sometimes…gw ngerasa ya ampunnn,Tuhan itu unik banget,kalo mau negur gw,dia pasti pake orang-orang yang gw kenal atau bahkan pake orang-orang yang gak gw kenal untuk ngasih tau kalo gw itu udah sedikit keluar dari ‘jalur-Nya’ atau malah udah ‘salah jalan’. Gak perlu teguran yang keras banget sampe gw jatuh bangun…tapi cukup dengan kejadian yang ‘tertangkap’ oleh mata gw dengan durasi sekian detik,namun bisa cukup bikin gw ngerasa tertampar..plakkkk..ayeyyyyy..!

Tuhan tau persis bagaimana karakter gw…semakin ‘dikerasin’ gw akan semakin berontak, jadi kalo ngasih teguran dia akan sentuh sisi melankolis gw dengan teguran yang lemah lembut tapi langsung berasa nyeesssss di hati….langsung lumer deh tu gunung es xixixixixi….

Contoh paling sederhana dalam kehidupan nyata gw sih seperti ini…waktu itu,gw sempet bete buangeetttt sama office boy di kantor..ceritanya begini, lokasi kantor gw itu agak susah buat nyari makan siang,butuh sedikit perjuangan kalo mau makan yang rada enakan dikit karena emang rada jauh kalo mau nyari makan siang…akhirnyaa karena cuaca di jakarta yang emang sadis banget kalo udah jam 12 siang gitu,otomatis gak ada yang sudi melangkahkan kakinya ke luar kantor karena kalo jalan kaki,ajeee gileeeeeeee bisa bikin kulit meleleh,sooooo office boy di kantor langsung diberdayakan oleh karyawan deh…semuanya titip ke OB buat beli makan siang…nahh disinilah letak masalahnya..OB kantor tuh suka ‘kadang2’…dititipin beli makanan,udah dicatat di kertas detail pesanannya..tapi begitu titipan makanannya dibuka..lhoooo??kok ga sesuai pesanan??dititipin telur dadar,dikasihnya perkedel…dibilangin nasinya dikit aja ehhh malah dikasih porsi kuli…dibilangin minta kecap manis,ehhh malah dikasihnya saus..kalo ditegur,selalu bilang ‘ga tauu tuh yg jualnya’ atau gak ada ini-nya..itu-nya..blaa..blaa..blaaa

Naahh..berhubung sering salah gituuu dan pelaku kesalahannya itu cuek bebek liat gw dan yang lainnya bete…akhirnyaaa kekesalan itu dilampiaskan sama makanan yang ada di depan gw…seringkali gw gak menghabiskan makanan yang ga sesuai sama pesanan dan ujung-ujungnya sudah pasti masuk ke tempat sampah…

Suatu hariiii ketika gw melewati jalan tol jakarta-merak di siang hari yang agak mendung…eheemm tau sendiri dong jalan tol jakarta-merak rusak najong gituuu…dari yang tadinya satu arah ada dua lajur ehhhh..sebelahnya ditutup untuk perbaikan jadi cuma satu lajur aja yang dipakai..saat mobil yang gw naiki melintas di kilometer entah berapa..dengan kecepatan yang bisa dibilang ‘ngesot’  gw melihat beberapa pekerja sedang berada di lajur yang sedang ditutup untuk perbaikan…dan coba tebak sodara-sodara mereka lagi ngapain?????!!!

Yaaa…mereka sedang makan siang di tengah jalan..dengan posisi kertas nasi langsung menempel di aspal…dueengggggggg…ctarrrrrrrrrr shock banget ngeliatnya…semua yang melewati jalan itu pasti bisa melihat mereka sedang makan disitu…dengan keadaan yang memprihatikan dari sisi orang-orang yang biasa duduk di kursi ketika mereka makan dan selalu ada meja untuk alas piringnya…dan saat mobil gw melintasi mereka (ehemm..maksudnya mobil yang gw tumpangi) ada suara berbisik sperti ini…’tuh lihat,Arlinda…betapa kamu jauh lebih beruntung..stidaknya kamu bisa memilih menu apa yang kamu inginkan..dan bisa makan di ruangan yang nyaman.’ eaalahhhh makkk jlebbbbbbbb banget tuhhh….Saat itu juga gw langsung sadar kalo gw kurang bersyukur dengan apa yang udah Tuhan kasih..simple tapi nampar dan bikin gw sadar!

Ada juga kejadian sperti ini….siapa sih yang gak pernah bermasalah sama kedua orang tuanya???setiap anak pasti pernah bermasalah sama orang tuanya…nahhhhhh berhubung udah ‘gede’ jadi gak jaman lagi dong membantah pake mulut kalo gw lagi bete sama ortu…yang ada adalah…daripada gw semakin bete,gw akan pergi hangout sama teman-teman gw buat meredakan suasana hati yang masih panas….baru deh pulang ke rumah…tapi masih pasang tampang bete trus mengunci diri di kamar….keluar kamar kalo suasana hati udah baikan….yaolooooo pulang seminggu sekali aja masih bisa bete2an gitu loh wkwkwkw….

Nahhh suatu hari,saat gw lagi bete sama ortu karena menganggap mereka terlalu mau tau urusan gw,jiahhhhhh langsung deh gw angkat kaki buat ngabur sama teman-teman…ehhh,walau judulnya ‘angkat kaki’ tapi gw masih tau diri…sblom tengah malam pasti udah pulang ke rumah,udah gitu sblom pergi pake pamit pula hahahaha…ya iyalahhh gw kan anak yang punya etika wkwkwk…maksud hati sih ketemuan sama teman mau sekedar curhat gituuu…ehh,tapi malam itu kok keadaannya malah terbalik…malah teman yang curhat sama gw…

Dia curhat gimana beratnya hidup dia ketika bokapnya udah meninggal…harus kerja sampe larut malam sambil kuliah biar bisa bayar biaya kuliahnya dia…keadaan ekonomi rumahnya yang morat-marit karena ibunya juga gak bekerja…lhoo wewwww….kok jadi berasa ‘kecolek’ ya hati gw…betapa gw sungguh sangat beruntungnya gak usah ngerasain hal kayak gitu…masih punya ortu lengkap,gak pernah susah payah bekerja buat bayar uang kuliah,butuh ini itu tinggal bilang…arrrghhhhhh udah dikasih ortu sebaik itu sama Tuhan masih sempat ngambek pula gara-gara menganggap mereka terlalu ingin tahu urusan gw karena gw memandang dari perspektif yang berbeda tanpa mencerna bahwa dibalik sikap ‘rese’nya, mereka hanya ingin..gw ada dalam keadaan yang paling baik….iihhhhh minta ditoyor gak sih kepala gw itu???hagzhagzhagz….

Bgitu dengar curhatan teman gw..langsung deh gw buru-buru ngacir…pamit pulang…ga sabar pengen minta maaf sama ortu..and guess what….sampe di rumah,..gw malah disambut hangat sama ortu gw..diberi ciuman di kepala (kebiasaan di keluarga gw) trus ditanya dari mana aja…and langsung digiring ke ruang makan karena udah disiapin makanan buat gw….see,gimana gak pengen nyebur sumur tuh rasanya…yaolooooo..malu gw sama Tuhan jadinya….

Tuhhhh kannnn…Tuhan itu punya cara yang unik yaa….cara negurnya simple banget lhoo padahal…Dia emang bener-bener kenal karakter gw…dua hal itu sih cuma contoh ‘kebaikan’ Tuhan yang paling ringan tuh..wuuuuuhhh ada lagi sih yang lebih dahsyat….cuma gw yakin tiap orang pasti punya pengalamannya sendiri-sendiri tentang cara Tuhan menegur..tinggal kita aja yang mau peka apa enggak sama teguran Dia…

Ehmmm….udah sihhh cuma mau berbagi itu doang…udah jam 1 nih….waktunya bobo…hokayyyy nyokkk mariii kita bobo :p

 

 

 

Leave a Reply

