Tak kenal maka tak sayang…kenali dulu lebih dekat,baru menilai :)

Berhubung ini malam minggu dan lagi gak ada acara…setelah berjam-jam ngacak-ngacak internet,tiba-tiba teringat pembicaraan ‘maha penting’  dengan teman gw tadi sore (lho..apa hubungannya yah malam minggu dengan pembicaraan maha penting??wkwkwk..)

Gara-gara obrolan santai di sore hari..gw jadi kepikiran buat ngangkat topik ini di blog…sebuah refleksi diri sekaligus buat share juga…

Ehh..pernah gak sih lo meng-underestimate  seseorang???okeh gw perjelas lagi ya kata-kata gw biar lebih bisa dimengerti…pernah gak sih lo merasa ‘segan’…merasa bete..atau merasa gak suka atau gak nyaman sama seseorang yang secara pribadi elo gak kenal dekat???pernah gak sih elo terpengaruh sama kata-kata orang tentang seseorang yang belum tentu benar faktanya???niihh yaaaa…pernah gak sih elo sekali ngeliat orang langsung merasa gak suka,entah gara-gara penampilannya,cara bicaranya,gesture tubuhnya atau bahkan karena tampangnya??kikikikikkk :p

Yeaahh..namanya juga manusia..terkadang lebih cenderung kalo menilai sesuatu itu secara subjektif..apalagi wanita,berhubung kaum wanita ini berpikir dengan perasaan,maka jangan heran kalo terkadang agak lebih subjektif dalam menilai seseorang,berbeda dengan pria yang menggunakan logika,sudah pasti pria cenderung bisa menilai seseorang secara objektif…tapi gak semua wanita dan pria begitu loh yaaa,ada juga yang  sebaliknya (menurut riset ngawur gw sih gituu hihihihi..)

Gak adil rasanya kalo kita menilai seseorang secara subjektif tanpa mengenalnya secara personal..apalagi kalo kita  mempengaruhi orang lain untuk ikut-ikutan tidak menyukai seseorang…membentuk opini yang dapat membunuh karakter orang lain..wuihhhh serem buangettttt…ehhh tapi ada loh kejadian kayak gini….jadinya malah sebel berjamaah sama seseorang hahahahha….apes banget tuh yang jadi ‘korban’nya…se-menyebalkan apapun orangnya,kayaknya kalo udah sampe terjadi pembunuhan karakter kayak gitu kok ya sangat tak adil yaa rasanya..

Duluuuu buangetttt gw pernah loh sebel sama seseorang yang notabene adalah temen gw sendiri…temen tapi waktu itu belum dekat…sekedar teman satu sekolah aja…kenalnya sih udah dari kecil..dan coba tebak sodara-sodara,se-sebel apakah gw sama dia???iishhh…benar-benar sebel bin bete sama ni orang dari ujung rambut sampe ujung kaki..pokoknya range sebelnya itu dari sabang sampai merauke deh hihihi…yaolooo padahal waktu itu gw masih anak-anak loh..udah bisa main sebel-sebelan ternyata…

Okehh gimana gw gak sebel…ni orang kalo ngomong,toa mesjid aja kalah berisik sama mulutnya dia hahahaha (ups!)…udah gitu orangnya gak bisa diem,de el el….de el el…blom lagi ada beberapa teman lain juga yang gak suka sama dia juga,akhirnya para orang-orang yang kontra sama nih orang ujung-ujunganya suka ngomongin di belakang deh..yaa ampyunnn saat itu bahkan umur gw blom genap 12 tahun lohh idiwwwww…*geleng-geleng kepala*

Entah karena hal apa tiba-tiba kami jadi dekat…kalo gak salah sih gara-gara suka contek-contekan peer..kebetulan ni anak emang pintar…gw juga gitu (wuuuu…minta ditimpuk warga sekelurahan wkwkw..) makanya kita suka contek-contekan peer…dari contek-contekan peer,gw sama dia malah suka jadi jalan-jalan bareng…semakin sering main bareng-bareng,gw semakin tau pribadinya…oohh,ternyata dia tak se-menyebalkan yang gw sangka kok..oohh ternyata dia beginii…oohhhh ternyata dia begitu…nahhhhh kann jadi malu deh gw…ternyata sisi baiknya bisa mengalahkan rasa sebal gw terhadap’ mulut toa’-nya ihihihii…semakin bertambah umur,semakin dewasa pula kepribadiannya,yahhh namanya manusia pasti punya kekurangan tapi gw yakin seorang teman pasti bisa menerima kekurangan temannya.. dan gw bersahabat sama dia sampai sekarang loh…awet tanpa perlu diberi formalin..

Lalu bagaimana teman-teman yang dulu juga kurang suka sama dia??? nahh loh…berita bahagia-nya adalah..kami semua malah berteman dekat sekarang…belasan tahun..tanpa pernah saling ngomongin yang jelek-jelek di belakang..dan banyak orang menceritakan dan mempercayakan rahasianya sama teman gw ini (termasuk gw!)..walau gak dekat-dekat amat sama dia..what a life!

Sengaja gak gw kasih tau siapa namanya…takutnya nih orang malah geer..atau malah ngirimin gw bom molotov gara-gara dia tau gw pernah sebal sama dia xixixixixi..

Gw sadar..dari semua orang yang gw kenal dan kenal sama gw..ada kemungkinan salah satu atau lebih diantara mereka ada yang gak suka sama gw..banyak hal yang membuat seseorang tidak disukai sama orang lain..baik dengan alasan yang logis maupun gak logis..tapi bagi gw,selama gak jadi ‘public enemy’ berarti’ attitude’ gw masih baik-baik aja…dan kebetulan gw adalah salah satu pribadi yang cuek sama penilaian orang ..prinsipnya adalah selama gw gak pernah merugikan dan menyakiti orang lain ngapain mesti peduli sama omongan miring orang???anjing menggonggong kafilah berlalu :p

Iyahhhh…gw punya level cuek diambang batas terhadap penilaian orang lain kepada gw..kalo sampe ada orang yang gak suka sama gw dengan alasan yang gak jelas..iihhhh sebodo amattt..justru dia yang rugi karena langsung menghakimi gw dengan penilaian sepihaknya yang blom tentu benar…logika yang gw pakai sih gini..kalo gw adalah pribadi yang tidak menyenangkan..gak mungkin gw punya beberapa sahabat baik yang betah berteman sama gw sampe belasan tahun…gak mungkin ada banyak orang yang care sama gw ketika gw lagi down maupun lagi happy…nahhh jadi kalo sampe ada orang yang menghindar karena sebel amit-amit sama gw..ya itu urusan dia..salah sendiri gak mau mencoba mengenal gw lebih dekat :p

Gak muna deh..gw juga pernah loh ‘terserang’ virus gak suka sama orang..padahal baru sekali ketemu sama tu orang..bisa jadi karena cara ngomongnya yang ‘sok iyeee’..gayanya yang lebay atau karena hal lainnya…tapi semakin kesini sih gw mencoba lebih dewasa aja…bgitu virusnya mulai menyerang..buru-buru deh gw melakukan pendekatan’ personal sama orang yang dimaksud hihihihi..dari sekedar ngajak ngobrol yang ringan-ringan atau atau mulai melibatkan dia dalam kegiatan gw dan teman-teman lainnya..hasilnya???terkadang penilaian awal itu bisa salah..ada juga sih yang benar,makin dikenali pribadinya ternyata makin menyebalkan hahahaha..tapi bukan berarti gw langsung anti,paling cuma sedikit jaga jarak aja agar bisa menilai dia secara objektif bukannya subjektif…

Tak kenal maka tak sayang…Don’t judge a book by its cover…ahh whatever youname it..yeahhh benar kata orang…jangan pernah menilai seseorang dari satu sisi  aja..cobalah menilai dari sisi lainnya..siapa tau orang yang awalnya gak lo sukai ternyata bisa menjadi teman baik lo atau malah jadi penolong lo…who knows???? 🙂

Leave a Reply

