Kalo pengen yang seru..ayo keluar kandang ;)

OMG..baru inget kalo gw punya blog yang udah lama gak keurus..(kasiann..kasiann!) ya harap maklum..setelah di kost gw sengaja downgrade dari internet berkecepatan tinggi ke internet murah yang lelet abis dan bikin gw gak minat buat buka laptop dan membuat jari gw menari-nari diatas keyboard lagi..maksud hati sih pengen memangkas biaya-biaya berlebih biar bisa ngirit..soalnya dikasih internet super duper cepat juga percuma..jarang gw pakai sih gara-gara sekarang susah banget buat nyantai (pretttt :p) jadi gw hanya bisa pake internet super duper cepat kalo pas lagi pulang ke rumah aja..dengan resiko rebutan komputer sama bokap yang lagi gandrung mainan fesbuk (sumpah..nyesel gw ngajarin beliau jadi bokap gaul! –“)

Anyway,akhirnya setelah kerja keras selama nyaris setahun penuh..tiba juga waktunya liburan..yakkk,gw adalah tipikal orang yang bakal menahan diri dan menjadi orang yang paling niat buat mengirit jatah cuti biar punya sisa cuti yang buanyakkk di akhir tahun..mau sakit kayak apapun selama gw masih bisa jalan dan bisa ngomong..pasti akan gw bela-belain masuk kerja..dan pastinya dari awal tahun udah ngewanti-wanti si boss kalo  gw mau ambil cuti panjang di akhir tahun…dan beliau “wajib” menorehkan tanda tangannya di atas form cuti suka atau tidak suka hahaha..dasar anak buah durhaka 😉

Pengennya si kalo udah akhir tahun gini..pergi berliburnya ke tempat-tempat yang keren..main ski di swiss atau berjemur di pantai maldives gitu..tapi apa daya..itu sama aja kayak punguk merindukan bulan..selama di kantor masih jadi kacung mah kudu nabung bertahun-tahun dulu kaleeeeee baru bisa kesana…jadi apa boleh buat…tempat berliburnya wajib disesuaikan dengan saldo tabungan yang ada..dan entah kenapa banyak sekali tawaran buat ngajakin pergi ke singapura dan malaysia yang langsung gw tolak mentah-mentah..bukannya apa-apa,kalo cuma buat pergi kesana sih saldo tabungan masih cukup lah..hanya sajaaa sama juga boong..yang gw liat gedung-gedung tinggi lagi dongggg?? lhaaa apa bedanya sama jakarta kalo gitu?? >.<

Jujur aja..kalo untuk hal yang namanya liburan..gw termasuk idealis banget..gw lebih suka yang berbau-bau alam,sejarah atau kebudayaan gitu.. biar pulang liburan gak cuma dapetin hura-huranya aja tapi juga nambah pengetahuan baru..oh ya,saat gw pergi mengunjungi suatu tempat..gw juga suka banget nyobain makanan khas daerahnya..kebetulan teman-teman jalan gw itu pada hobi makan semua..ya jadi klop dah kalo jalan sama gw..dan banyak pengalaman lucu gara-gara penasaran cuma mau nyobain makanan khas sana/ lagi happening banget disana atau pas gagap budaya gitu..

Jadi inget waktu di jogja..cuek ngampar di trotoar cuma buat nyobain wedang ronde pinggir jalan gara-gara ada teman gw yang gak tau wedang ronde itu kayak apaan (haishh..) sampe gempor jalan kaki nyaris 2 kilometer gara-gara niat banget nyari gudeg legendaris yang diceritain sama mbak-mbak penjaga stand kaos terkenal di jogja dan ternyata tutup gara-gara saat itu malam satu suro!..denger-denger katanya sih malam itu setan-setan pada berkeliaran dan gentayangan dimana-mana..hmmm jadi berasa agak-agak tersinggung..lha gw sama temen-temen jam sgitu juga masih gentayangan nyari makanan..masuk kategori setan kah kita? >.<

yang pada akhirnya sampe ngerepotin supir taksi sampe jam 12 malam buat kelilingin jogja nyari toko yang jual bakpia yang paling enak..dan gw rasa itu supir taksi udah pengen jedot-jedotin jidat ke tembok kali saking stress-nya dapet penumpang kayak kita..dan untung aja masih ada toko yang buka sampe tengah malam..dan beruntung banget dapet bakpia yang fresh from the oven..yippieeee ^^v

Setelah itu niat banget jauh-jauh pergi ke ambarawa cuma buat makan pecel belut dan jadi perhatian warga lokal gara-gara ada segerombolan orang yang sebagian besar berkulit oriental blasak-blusuk makan pecel di tempat kayak begitu dengan bahasa elo-gw yang bertebaran hahaha..dan untungnya sempet mampir ke gua maria kerep yang pemandangannya bikin gw mangap gak berhenti-berhenti…

Paling kurang kerjaan waktu lagi di semarang..nekat ikutan wisata horor bawah tanah pas malam hari di lawang sewu sampe diikuti sekelebat bayangan hitam,tinggi dan besar yang gw kira itu bayangannya temen gw yang punya badan segede kulkas dua pintu..ajegileee langsung merinding disko dah..mana diceritain guidenya banyak yang liat ada kuntilanak disitu..ngek! langsung deh gak ada yang mau jadi paling belakang pas jalan muterin lawang sewu bawah tanah kikikikikk :p

Sempet juga nongkrong di kawasan pecinan-nya Semarang..kebetulan pas malam minggu itu ada kayak pasar malamnya gitu..dan banyak banget yang jual makanan kaki lima disepanjang area itu..jadi seperti foodcourt terbuka gitu dan malam itu pun dipenuhi oleh orang-orang bermata sipit dan berkulit oriental (yaiyalahhh..namanya juga kawasan pecinan) yang tumpah ruah di sepanjang jalan..ada yang duduk-duduk sambil wisata kuliner..ada yang karaokean di area terbuka nyanyiin lagunya jay chou,andy lau sampe theresa teng (yang nyanyiin lagunya penyanyi terakhir ketauan deh angkatan tahun berapa tuh :p) ada yang jual miniatur barongsai..ada stand ramalan…pokoknya lengkap..yaolohhh puas gw cuci mata disitu..semua anak mudanya ganteng-ganteng cantik-cantik dan modis..kalah deh engkoh2 glodok sama ecik-encik mangga dua :p

Belum lagi pengalaman waktu di madura..nyaris dikejar sama mobil polisi gara-gara nekat berhenti di tengah-tengah jembatan suramadu  buat berpoto-poto nista berbagai gaya..naik mobil sampe 5 jam cuma buat pergi kepantai lombang…yang bener-bener sepi dan lumayan bersih pantainya..dan teman-teman oriental gw itu sempat dikira rombongan korea gara-gara bergaya “kota” banget sambil nenteng-nenteng kamera SLR..nyobain sate laler (yang gw tadinya gw kira bahan bakunya dari lalat..euwhhh!wkwkw)  sampe 2 porsi yang ternyata gak nendang juga dan berujung jadi nyari tempat yang jual ayam goreng plus sambel biar cacing-cacing di lambung gak pada berontak lagi..oh ya, sempat makan bebek goreng yang lagi happening banget di madura dan terkaget-kaget pas tau harganya murah banget trus langsung berlomba-lomba buat nambah pesenan (ihh…norak banget ye..)

Nah yang lebih gila lagi sih waktu di surabaya tuh..saking penasarannya malam-malam sempat ngelilingin kawasan pelacuran terbesar se-asia tenggara yang ada di gang doli..berhubung gw nginep di tempat teman yang rumahnya hanya beberapa meter dari lokalisasi tersebut..(fyi,kawasan pelacuran ini jadi satu sama rumah warga baik-baik juga..dan mereka hidup berdampingan,aman,rukun,dan damai) buset deh itu cewe-cewe cuek aja dipajang di depan etalase macem kayak boneka mannequin di toko-toko gitu..sumpah waktu ngelilingin sepanjang jalan itu..jantung gw beneran deg-degan banget..takut dikira menjajakan diri juga..soalnya di tepi jalan banyak pria-pria yang disinyalir sebagai germo yang nawarin “barang dagangannya” ke kendaraan yang lewat di jalanan itu..sampe pake kostum khusus tuh pas ngelewatin jalan itu..jaket tebal,kacamata,tampang sengaja dibuat kucel biar gak ada yang minat gangguin..ya ampun, dipajang tag harga per jam-nya loh di tiap-tiap “toko” kalo gak salah sih standar harga waktu itu Rp 60.000/jam..miris banget ngeliatnya..dan gara-gara keasikan ngeliatin doli besoknya gw nyaris ketinggalan pesawat gara-gara malamnya salah liat jadwal pernerbangan yang tertera di tiket..sampe pasang muka melas biar bisa diijinin boarding..trus ngomong kalo gw ada urusan penting di jakarta hari itu juga..macam pejabat yang punya meeting penting buat keberlangsungan sebuah negara gitu (mulai jago boong sekarang –“) padahal mah sayang aja kalo sampe tiketnya hangus wkwkwk..baru deh tuh petugas bandara luluh juga hufttt >.<

Yeahh..dan masih banyak pengalaman liburan lainnya di sentero kota-kota di negara Indonesia tercinta ini..makin banyak gw mengunjungi suatu kota..makin cinta banget gw sama Indonesia..daripada ngarep neko-neko mau main ski di swiss atau ketemu Ji Hyeon Woo di korea..mendingan di negara sendiri aja deh dulu..banyak tempat-tempat indah dan unik kok..kalo masalah seru atau enggak seru..itu kan tergantung dari kitanya sendiri..gimana caranya bikin liburan itu jadi seru..dan beneran deh setiap liburan pasti punya hal-hal yang bisa dikenang sampe bikin kita senyum-senyum sendiri kalo lagi flash back kekonyolan-kekonyolan yang terjadi.

Banyak keuntungan loh dengan bepergian gitu..selain dapat pengalaman baru..bisa juga buat nge-refresh otak dari rutinintas sehari-hari..yang biasanya gedeg banget kalo liat bos ngomel-ngomel..abis liburan,liat bos ngomel gitu jadi biasa aja hahaha…jadi cinta negeri sendiri..irit biaya liburan soalnya ada temen yang rumahnya bisa dipake buat numpang nginep :p dan gw gak menjadikan liburan sebagai suatu beban buat ngeluarin duit karena biasanya gw punya budget tertentu yang gw sisihin dari penghasilan gw buat liburan di akhir tahun..jadinya gak mengganggu tabungan masa depan..misalnya sebulan konsisten nabung seratus ribu aja khusus buat jalan-jalan..kalikan saja 12 bulan..nah,di akhir tahun udah punya duit 1,2 juta deh buat jalan-jalan..bayangin kalo kamu nabung 2 atau 3 kali lipatnya..di akhir tahun udah punya tabungan yang lumayan deh..kalo pun tempat tujuan kamu agak-agak mahal..yahh nambahnya juga jadi gak banyak-banyak amat kan?kalo cuma traveling di negara sendiri sih masih kejangkau lah..

Kerja boleh gila-gilaan..nabung juga boleh gila-gilaan..ngirit juga boleh gila-gilaan..gak ada yang ngelarang kok..tapi apalah artinya kalo kita gak bisa menikmati hidup??mumpung masih muda lhoo,masih kuat buat traveling..yang penting seimbang antara kerja keras dan menikmati hidup :p

Wokehh.. trip tahun ini mau ke Jepara trus nyebrang ke karimun jawa..smoga aja gak ada halangan..udah mupeng banget nihh liat pantai yang airnya jernih..udah gak sabarrrrrrrrrr..ntar mau gw tulis juga ah ke blog pengalaman pas disana :p

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

