Indahnya bumi Indonesia..Karimun Jawa ^^

Percaya nggak siihhh kalo bumi Indonesia itu ternyata lebih indah daripada negara-negara lain yang mengklaim dirinya sebagai tempat tujuan wisata yang punya pemandangan indah (walau seiprit doang!) yang kadang terlalu lebay plus pede berat jaya mengekspose objek tujuan wisatanya yang ternyata (kalo menurut gw) biasa aja tuh dan bikin bingung kenapa tempat yang biasa ajah kayak gitu kok ya ramai dikunjungi wisatawan mancanegara termasuk turis-turis dari Indonesia . Hoyeahhh miris rasanya kalo banyak anak muda sekarang yang lebih suka mengunjungi negara tetangga sebagai tempat tujuan wisatanya dibanding mengelilingi negeri Indonesia yang punya potensi wisata bejibun banyaknya. Poor Indonesia! Coba kalo pemerintah kita bisa lebih jeli dalam mempromosikan Indonesia…Lha negara tetangga itu modalnya kan cuma gembar-gembor di iklan doang…bangun fasilitas ini itu biar gampang didatangi…padahal sihhhh yang diliat itu tuh cuma objek yang biasaaaaa buangetttt! hebatnya mereka itu cerdas dalam membuat konsep iklan yang bisa menarik banyak wisatawan untuk datang.

Wokehhh…liat aja tuh di profile picture fesbuk..banyak banget yang bangga majang poto-poto di depan patung Merlion,patung Liberty,atau menara Eiffel. Kalo dipikir-pikir lagi, apa coba bagusnya patung Merlion itu..lha wong cuma patung singa yang mulutnya bisa ngocor air gitu doang lhoo yaa..kayak gitu aja bisa jadi tempat tujuan wisata..lhaaa patung pancoran juga kalo diujung tangannya bisa ngocor air trus pemerintah kita mau pede berat jaya gembar-gembor bikin iklan visit Indonesia..pasti banyak wisatawan yang datang tuh buat poto-poto..blom lagi orang-orang yang bangga banget kalo udah nyampe di Eiffel Tower…yaelahhh cuma menara yang disusun dari besi doang gitu lohhhhh yang bisa naik ke atas menara pake lift dan punya restoran di dalamnya…bandingkan dengan menara tinggi yang terdapat di Indonesia,Monas! kita juga bisa naik sampe ke puncak dengan lift yang tersedia..dan yang lebih hebatnya lagi..itu puncak menaranya terbuat dari puluhan kilogram emas booooo! dan seharusnya sebagai bangsa Indonesia kita bangga dong kalo bisa poto-poto di depan Monas sama besar kebanggaannya kayak poto di depan Eiffel. Tinggal gimana pinter-pinternya pemerintah aja tuh bikin image Monas itu terlihat  lux dan menjadi salah satu tempat yang wajib untuk dikunjungi wisatawan yang datang ke Indonesia.

Beberapa bulan lalu teman-teman gw heboh ngajakin liburan ke Thailand yang konon katanya punya pantai yang indah di daerah Pattaya. Nah,tau aja kalo gw suka banget sama yang namanya pantai. Dengan promo yang menggiurkan,gak sampai 5 juta rupiah udah bisa liburan ke Thailand. Wow suatu nominal yang nggak mahal-mahal banget buat liburan beberapa hari ke luar negeri. Sayangnya,gw udah terlanjur mupeng banget pengen ke Karimun Jawa yang konon katanya punya banyak pantai yang indah disekitar kepulauan Karimun Jawa. Jujur aja, pertama kali dengar kata Karimun Jawa 2 tahun yang lalu tuh gw enggak ngerti letak pulau ini tuh di Indonesia bagian sebelah mana..tapi dari poto-poto yang gw liat di google,sungguh pantainya tuh bikin gw ngences..bening dengan gradasi biru tosca gitu…maakkkkkk…bikin gw bertekad lonjong buat segera menjejakkan kaki kesana.

Setelah nyari info sebanyak-banyaknya di google..gw baru tau bahwa Karimun Jawa ini masih masuk dalam kabupaten Jepara..dan untuk menuju kesana itu,dari Jepara harus nyebrang mengarungi laut jawa selama 6-8 jam pake kapal fery uhukkkkk…nyebrangin selat sunda untuk menuju lampung yang cuma 2 jam aja udah bikin mual apalagi mesti terombang-ambing di lautan selama minimal 6 jam…wah bisa wassalam dah >.<

Dengan semangat 45 kayak prajurit yang mau pergi berperang..gw sama dua orang teman gw nekat mau menjejakkan kaki di tanah karimun jawa,..so,dengan muka polos tak berdosa gw minta cuti sama atasan gw selama satu minggu..plus bonus 3 hari libur karena dapat cuti bersama buat natal ditambah hari sabtu dan minggu..jadi total liburan gw ada 10 hari yeahhhh yippieeee :p

Pada hari yang sudah ditentukan,berangkatlah kami menuju Jepara melalui terminal lebak bulus..lumayan bis-nya keren juga…gak nyangka aja bus malam di Indonesia tuh ternyata udah keren-keren dan nyaman yakkkk (noraknya keluar deh :p) dan sebelas jam kemudian kami pun sampai di Jepara pada pukul 4 pagi…dari alun-alun jepara kami pun naik becak menuju pantai kartini…karena dari dermaga itulah kapal fery akan diberangkatkan. Menurut info,biasanya kapal akan berangkat pada pukul 6 pagi ke karimun jawa. Sumpah apess banget pas hari itu,ternyata dari semalam kapalnya belum berangkat dari Karimun menuju Jepara..katanya sih ada badai jadi mau gak mau mesti nunggu kapal yang dari karimun datang dulu karena cuma ada satu fery doang yang beroperasi setiap harinya. Singkat cerita,kami baru bisa sampai di Karimun keesokan harinya setelah satu hari terlunta-lunta di Jepara gara-gara kapal gak dapat ijin berlayar dikarenakan cuaca yang memburuk..dan perjalanan kapal dari Jepara ke karimun beneran nyiksa banget karena gelombangnya yang amit-amit tingginya sampe bikin kapal terombang-ambing gak karuan dan sukses membuat sebagian besar penumpang muntah-muntah,termasuk gw! haiyahhhh >.<

Begitu sampai di karimun jawa,beneran deh rasanya legaaaa banget…okehhhhh terserah deh mau bilang gw lebay atau gimana..tapi berada diatas kapal dan terombang-ambing selama 7 jam di lautan itu sukses bikin nyali gw ciut…swear,sempet kepikiran aja kalo tu kapal sampe tenggelam,yaelahhhhhh sukses jadi santapan hiu-hiu dibawah deh gw..dan tiba-tiba ke-flash back film titanic gitu deh di otak gw..gubraksssssss!

Dan selama beberapa hari disana gw mendapat pengalaman liburan yang luar biasa saudara-saudara!!! lihat terumbu karang yang indah banget,berhasil nangkap ikan nemo di tengah laut yang kemudian harus dilepas lagi demi menjaga keutuhan biota laut..jalan-jalan ke pulau gosong yang isnya cuma daratan berpasir sekian meter doang yang ada di tengah lautan dan pantainya luar biasa jernih..daaaaaaaaaaannnnnnnnn yang gak bakal gw lupain adalah nyebur ke kolam hiu tanpa pake pengaman apapun!!!!! padahal di dalam kolam itu ada puluhan hiu hitam segede lumba-lumba yang konon ganasnya amit-amit dan gw sempet megang anak hiu buat poto-poto yang langsung didatengin emaknya hiu yang segede guling itu! sumpah kaki gw sampe gemetaran di dalam air waktu segerombolan emaknya hiu langsung mendekat dan mengepung rombongan gw dan teman-teman..yaaaa gak lucu aja kaliiiiiii jadi santapan hiu di dalam kolam 10×10 m itu…oh iyaa sempat pegang-pegang hiu pari juga yang jadi primadona di wisma apung…kasian banget itu hiu..digrepe-grepe banyak orang gitu hahahaha…dan yang paling mendebarkan adalahhh..lihat tour guide kami si alfonso nangkep bulu babi trus melihat prosesi si alfonso membunuh dan memakan bulu babi..haishhhhhhhhh padahal beracun gitu loh kalo kena durinya yang kayak landak itu..oh yaaa gw juga baru tau kalo ternyata bintang laut itu punya struktur yang keras ya badannya..gw pikir lembek-lembek gimanaaaa gitu :p

Di hari terakhir gw masih sempat jalan-jalan melihat rumah suku kubu yang banyak terdapat di karimun jawa..lalu ke hutan mangrove dan pergi ke pantai tanjung gelam yang buat nyampe kesana aja amit-amit deh susahnya..mesti mblusuk-mblusuk hutan sampe nyaris kepeleset karena jalanannya yang terjal (waktu itu lagi hujan soalnya) tapi begitu sampai diujung jalannya dan dibalik kerimbunan pohon dan semak-semaknya terhampar pemandangan pantai yang (sumpahhhhhhhhhhh!!!) paling keren dari seluruh pantai yang pernah gw kunjungi seumur hidup gw..bener-bener jernih dan gradasi warnanya bener-bener OH MY GOD bagus banget!!! mirip kayak gambar-gambar pantai di karibia yang pernah gw liat di google…pantainya benar-benar bersih,belum ramai oleh segerombolan turis-turis yang berkunjung..dan jujur aja,lo yang baca postingan gw kali ini bener-bener harus ngeliat sendiri betapa indahnya itu pantai tanjung gelam.

Syukurlah perjalanan pulang menyebrangi lautan dari karimun ke jepara gak sedahsyat waktu keberangkatan..kali ini lautnya bener-bener tenang sampe semua penumpang berasa kayak duduk di dalam mobil yang lagi berjalan..gak terasa banget deh nyaris seminggu sudah gw berada di kabupaten Jepara.Wokehhhh coba tebak…selama liburan,gw naik bis yang kelas eksekutif-pp,gw duduk di kursi VIP selama penyebrangan dengan fery (pulang-pergi loh yaa),nginep di hotel (suite room),makan sehari 3 kali,pergi mengunjungi pulau-pulau disekitaran karimun jawa dengan kapal,nongkrong 2 hari berturut-turut di kafe paling keren se-karimun jawa, dan dari hari minggu-sampe hari sabtu (gw udah sampe di jakarta lagi) gw cuma ngeluarin duit gak lebih dari 1,5 juta untuk mengunjungi semua tempat-tempat keren yang gw sebutin diatas plus fasilitas-fasilitas yang bikin gw nyaman selama liburan..hayooooooooo apa gak murah banget tuh? bandingin dengan kalo elo liburan ke bandung selama 3 hari…duit segitu pasti udah langsung lenyap buat muter-muterin bandung plus belanja-belanja enggak jelas…dan dengan duit segitu lo gak perlu jauh-jauh pergi ke maldives buat ngeliat pantai yang bener-bener keren untuk ukuran dompet lo…wihiiiiiiiiii tapi tetep dah someday gw pengen banget ke maldives :p

Okayyyy…liburan berikutnya…gw punya rencana mau ke raja ampat di papua…kalo penasaran dengan raja ampat tuh kayak gimana,silahkan googling sendiri yakkk…yang pasti bakalan lebih keren dari karimun jawa..tapi kayaknya wakatobi juga keren tuh..hadeuhhhhh bingunggggggg….ah,sudahlah…yang penting ayoooooooo mumpung masih di awal tahun..nabung sebanyak-banyaknya biar bisa liburan ke tempat impian…setelah dihitung-hitung.perjalanan ke raja ampat itu muahalllllllll booo…jadi kayaknya harus benar-benar mengencangkan ikat pinggang nih…singkirkan dulu kebiasaan belanja-belanjanya dan gak lupa minta ijin Tuhan biar rencana berlibur jauh-jauhnya bisa sukses kayak tahun kemarin :)

Dan yang pasti…efek seminggu ngebolang di lautan bikin kulit gw jadi hiper eksotis yang sukses mendulang komentar bahwa muka gw keliatan gak komersil banget sekarang..hidihhhhhhh kayak apa ajaaa yaa T.T