Pengguna atau pecandu???

Gak bisa dibayangin apa jadinya dunia ini tanpa teknologi…pernah gak sih ngebayangin kalo sampe sekarang kita hidup tanpa teknologi bakalan kayak gimana keadaannya saat ini?? bisa jadi manusianya masih hidup secara nomaden..berpenampilan awut-awutan..atau mungkin masih bawa tombak kemana-mana kayak manusia purba jaman dahulu..dan susah banget kalo mau berkomunikasi sama kerabat-kerabat jauh..yahh semacam masih memakai burung merpati pos gitulah kalo mau berkirim pesan..kebayang gak sih gimana caranya kalo mau mau menempuh jarak ratusan kilometer tanpa mobil itu kayak gimana?secara elo sendiri gak sanggup kalo mesti melakukan perjalanan lewat laut..ya wassalam deh nasib lo..

Teknologi saat ini memang sedang berkembang pesat di negara-negara maju..baik teknologi informasi,teknolgi transportasi,dll. Indonesia sebagai negara berkembang juga mau tak mau terkena imbasnya..bukan sebagai penemu teknologi melainkan sebagai pengguna teknologi..yahhhh mau gak mau gw sebagai orang Indonesia harus mau rendah hati mengakui bahwa bangsa Indonesia belum bisa menjadi bangsa yang dominan dalam menemukan atau mengembangkan teknologi..etapi gw agak sedikit terhibur loh ketika lihat di berita ada beberapa anak SMK dari Solo yang berhasil merakit mobil sendiri dan menamakan mobil buatannya sebagai mobil Esemka..yahhh berarti Indonesia gak malu-maluin banget kan :p

Gw niat banget nulis artikel ini gara-gara beberapa hari yang lalu berkunjung ke rumah salah satu customer gw yang memiliki anak berusia 3 tahun…wow,ternyata anak sekarang mainannya canggih-canggih yaa…bayangkan saja anak seumur itu sudah menenteng ipad 2 kemana-mana dan bisa menggunakan ipad tanpa canggung..walau hanya sekedar untuk bermain angry bird atau game-game lainnya..

Dan gw juga masih ingat dengan jelas ketika dulu kakak sepupu gw yang baru kelas 6 SD sudah bisa mengendarai mobil milik pakde dan nekat mengajak gw keliling-keliling disekitar perumahan tanpa diketahui pakde..untung aja gak kenapa-kenapa..coba kalo sampai nabrak huft! >.<

Hal yang paling bikin gw tengsin sejagad raya adalah 2 tahun lalu ketika gw berada di counter resmi blackberry dan bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan blackbery yang baru saja gw beli (maklum kan baru pertama kali pake BB ceritanya!) dan tiba-tiba didekati anak berumur 5 tahun yang bilang seperti ini “masa tante gak bisa sih pake BB..aku aja sering loh bbm-an sama teman-temanku.” yang lalu gw jawab seperti ini “oh ya?ajarin tante dong kalo gitu.” dan dengan sigapnya dia mengeluarkan BB yang harganya 2 kali lipat dari yang gw beli lalu mulai mengajarkan gw bagaimana caranya meng-invite pin BB orang lain..hadeuhh >.<

Dari ketiga cerita diatas..bukannya gw mau menunjukkan bahwa gw itu gaptek..oowwh tentu tidak! tapi gw menyadari bahwa betapa tehnologi itu sangatlah user friendly sehingga anak-anak dibawah umur pun bisa menggunakannya dengan terampil dan sangat baik. Bayangin aja,anak umur 3 tahun sudah bisa menggunakan ipad yang seharusnya digunakan orang-orang dewasa untuk membantu pekerjaan mereka atau sekedar untuk gaya hidup (?)

Yap,sebegitu cepatnya teknologi informasi berkembang pesat dan memudahkan penggunanya.. tentu saja perkembangan teknologi seperti ini harus diikuti dengan pemakaian yang bijaksana pula. Gw pernah dibuat jengkel oleh seorang teman gw karena ketika gw jalan-jalan di mall dengan dia..mata dan tangannya gak pernah lepas dari blackberry. Senyam-senyum sendiri,cekikikan sendiri,bahkan ketika gw bertanya,pertanyaan gw gak digubris sama sekali..hoalahhh hellowww gw juga pemakai BB kaliiii tapi gak sampe segitunya kok. Emang enak apa dicuekin hahahaha

Gw akui,dulu ketika internet mulai menurunkan standar harga, gw nyaris menjadi autis dengan diri sendiri. Maklum,gw itu hobi baca,dan ketika kamar gw terkoneksi dengan internet super cepat, gw yang hobi keluyuran di kampus dan di mall mulai menjadi “anak rumahan”, betah banget di dalam kamar..apalagi ketika sudah terkontaminasi oleh game online,wuaduhhhh….malah jadi kecanduan,benar-benar jadi gak niat keluar kamar. Untung saja ketika blackberry merajalela meng-invasi pasaran handphone di Indonesia gw udah mulai “bijaksana” dalam penggunaannya..hanya sekitar 3 bulan aja gw asik ngutak-atik BB setelah itu malah lebih sering BB-nya ada di dalam tas atau laci kantor 😀

Ternyata bukan narkoba aja yang bisa bikin manusia kecanduan..teknologi juga bisa bikin manusia mencandu. Yah,mungkin dengan semakin canggihnya teknologi semakin mempermudah orang untuk berkomunikasi dan meng-eksiskan diri.pasti salah satu dari lo pernah dibuat “jengkel” kan sama orang yang sering nyampah di status fesbuk..atau suka gonta-ganti profile picture di bbm dan mengupdate statusnya setiap menit hahahahaha…

Dengan majunya teknologi dan menjamurnya situs jejaring sosial,setiap orang bisa dengan bebas mengungkapkan pendapatnya..bebas mengutarakan isi hatinya. Orang yang tadinya pendiam di dunia nyata bisa menjadi orang yang sangat ekstrovert dengan kehidupan pribadinya di dunia maya. Setiap orang bebas berperan menjadi apa dan siapa saja di dunia maya. Yah,karena memang tidak ada yang bisa melarang kita ketika berada di dunia maya untuk mengungkapkan sesuatu.Udah pernah liat kan orang yang sindir-sindiran status di fesbuk atau malah perang di twitter yang malah menuh-menuhin timeline :p

Well,setidaknya dengan kemajuan teknologi,saat ini kita gak perlu hidup dalam kegelapan ketika malam menjelang,gak perlu ngirim pesan pake merpati pos saat ngasih kabar ke saudara-saudara,gak perlu jalan kaki berbulan-bulan kalo mau menuju ke provinsi lain dan gak perlu kipas-kipas kalo lagi kepanasan :p

Teknologi memang akan sangat berguna kalo dipergunakan secara bijaksana tapi juga dapat merugikan kalo digunakan secara berlebihan,dan semua itu kembali lagi ke dalam diri masing-masing apakah kita ini pengguna teknologi ataukah pecandu teknologi 🙂

2 thoughts on “Pengguna atau pecandu???

Leave a comment