Saat Tuhan mengirim seorang Office Boy untuk menjadi seorang “Guru” bagi gw ;)

Tadaaaaa..udah mau jam 3 subuh, tapi lagi-lagi penyakit insomnia gw kambuh..sighh!..gini nih efek bekas liburan panjang..jam tidur pasti jadi kacau. Well, daripada grusak-grusuk di kasur gara-gara gak bisa tidur, mendingan gw nulis sesuatu yang sebenernya udah lama mau gw jadiin postingan selanjutnya di blog.

Kemarin sore gw dan teman-teman staff di kantor sukses bikin surprise ulang tahun buat OB kami tercinta. Whaatttt??? OB? Gak salah tuh?? Iyaa! OB..Office Boy!

Kok BISA??

Ya bisa dong!

Kaget ya ada kantor yang niat bikin surprise sederhana buat ulang tahun OB-nya?? Erghh..lebih tepatnya bukan sekantor sih, tapi beberapa orang staff yang merasa terbantu oleh kehadiran si mas-mas satu ini. Mau lihat fotonya?

Nah, gimana? Ganteng kan? hahaha. Namanya Riko…iyaaa gw berani meng-claim bahwa si Riko ini adalah OB paling ganteng dari seluruh OB yang ada di Bank P*N*N. Jangan salah, walau statusnya OB, setelah jam kerja statusnya berubah menjadi mahasiswa. Yahh..cukup membuat “mingkem” beberapa mulut yang hobinya merendahkan status kedudukan seseorang di kantor.

Kemarin tanggal 28 Agustus, si Riko ini merayakan ulang tahunnya yang ke 24. Pasti pada penasaran kenapa kami berencana memberikan surprise kecil untuk OB yang satu ini. Iya kan? se-istimewa apa sih dia itu?

Bukan..bukan karena dia ganteng yang jelas! toh cowo ganteng kalo dilihat tiap hari juga lama-lama gak akan terlihat ganteng kok walau ada banyak orang diluar bilang bahwa si Riko ini lumayan ganteng,,,believe me! wkwkw..

Gw menjadikan dia sebagai bahan tulisan kali ini karena ada beberapa hal dari dirinya yang secara tidak langsung membuat gw belajar banyak bagaimana cara gw kembali menapakkan kaki di bumi setelah sekian lama selalu melangkah, berlari dan tertidur diatas angin!

Yap..bisa dong ngebayangin gimana rasanya melangkah, berlari dan tertidur diatas angin..betapa ringannya dan betapa amannya hidup lo saat berada diatas angin..gak perlu takut sakit kalo terjatuh, gak perlu takut lutut lo berdarah saat bertumbukkan dengan tanah, tidur pun terasa ringan. Biasanya orang yang sudah berada diatas angin akan enggan kembali menapakkan kakinya di bumi karena sebelumnya sudah tau bagaimana rasanya jatuh dan menumbuk tanah ketika kakinya terantuk. So, mereka akan berpikir untuk apa kembali menapakkan kaki di bumi lagi kalo sudah bisa berada diatas angin. Iya tho??? pasti IYA!

Nah, inilah poin-poin yang membuat si Riko ini (sedikit) istimewa di mata kami, terutama gw, karena banyak hal yang bisa gw pelajari dari dia walau dirinya gak akan pernah sadar kalo sedang dijadikan objek belajar. Yes, gw gak akan malu untuk mengakui akhirnya bocah yang umurnya beberapa tahun dibawah gw ini yang malah membuat gw kembali menapakkan kaki di bumi. Seseorang yang bahkan udah gw anggap adik saat dia sedang curcol tentang masalah yang dihadapinya walau kadang gw suka “selengean” sendiri kalo dia lagi cerita. (Oh, my bad!)

Si Riko ini..adalah OB yang..paling rajin daripada OB yang pernah gw temui di kantor manapun..Disuruh fotocopy nurut, disuruh beli makan nurut, disuruh bikin teh nurut, disuruh ngangkut puluhan kardus nurut, disuruh nganterin selembar dokumen ke rumah nasabah sampe kehujanan basah kuyup juga nurut! (sampe gw gak enak hati), disuruh nganterin gw sampe ke-ujung Jakarta manapun kalo lagi gak kebagian mobil kantor juga nurut! (padahal bukan jobdesk-nya dia!) pokoknya disuruh apapun pasti nurut dan gak pernah nunda-nunda kerjaan. Cuma satu hal yang gak pernah gw suruh dia untuk lakukan. Disuruh beli pembalut ke Daily Mart! hahaha gak tega, takut digosipin mbak-mbak kasir Daily Mart, bisa hancur reputasi dia tapi gak tau juga yah apakah staff lain pernah nyuruh dia beli pembalut apa enggak! wkwkwk..

Si Riko ini..adalah OB yang…selalu membuat toilet dalam keadaan bersih kapan pun para staff ingin menggunakannya…menjaga sisi-sisi wastafel selalu kering dan lantai disudut manapun selalu cling..gak ada tuh ceritanya wastafel sama lantai becek-becek gitu..yahh mungkin dia tau kalo staff-staff cewe di kantor itu “macan” semua..apalagi sang Head Operation si mas-mas yang bawelnya melebihi para staff wanita..jadi kayaknya dia gak mau ambil resiko buat bikin salah satu dari 5 macan dan 1 om-om takut istri yang selalu merasa kalau dirinya itu “playboy” mengeluarkan keluhan.

Si Riko ini..adalah OB yang…rajin banget bersihin meja dan komputer sehingga bebas debu..dia juga rajin ngasih pewangi buat tiap-tiap pesawat telpon yang ada di meja kami.,jadinya nyaman pas make telpon :p

Si Riko ini..adalah OB yang…gak mau nerima duit kalo ada orang yang ngasih reward buat hasil kerja dia yang memuaskan..Gw pernah ngasih dia uang untuk pengganti biaya bensin motornya waktu dia dengan baik hati nganterin gw ke kantor cabang utama buat pergi meeting..tau sendiri itu lokasi KCU bener-bener sarang macet..kalo berangkat naik mobil sih pasti wassalam deh tuh meeting-nya! Sebelum dia nolak, gw udah keburu menghambur ke dalam gedung karena udah telat meeting setengah jam lebih. Besoknya dia ke meja gw, ngembaliin uang yang kemarin gw kasih untuk pengganti bensinnya. Dia cuma bilang, “mbak saya malah tersinggung kalo dikasih uang, soalnya saya bukan tukang ojek, lagipula tiap bulan biaya bensin saya kan diganti sama kantor, saya balikin aja ya supaya hati saya tenang!” Dan gw cuma melongo speechless denger dia ngomong gitu! Beda banget sama OB di cabang sebelumnya. sigh!

Si Riko ini..adalah OB yang.. pernah curhat kalo dulu sebelum kerja jadi OB, dia pernah kerja jadi kuli angkut dan tukang batu..makanya dia bersyukur banget bisa kerja dengan posisi yang dia punya sekarang ini jadi bisa biayain kuliah,bayar kos,sama bayar cicilan motornya.. dan impian dia adalah untuk punya masa depan yang lebih baik..ngok!!! Lagi-lagi gw speechless! Masalahnya, gw tau persis berapa gajinya tiap bulan..yang (maaf bukannya mau menyombongkan diri) kalo digunakan buat beli berlengkapan lenong gw yang merk “ETUDE” itu, lalu gw pergi nonton bioskop sambil nenteng kopi starbucks plus abis nonton gw langsung makan di shabu slim dan sblom pulang mampir dulu di “Zara” buat beli selembar kaos tipis lalu balik ke kos naik taksi Blue Bird, dijamin gaji dia sebulan bisa langsung habis dalam sehari! gak sampe satu hari malah! OH,God! gimana gw enggak salut cobakk?

Si Riko ini..adalah OB yang..pernah cerita kalo setiap nerima perkuliahan selalu agak susah untuk konsen karena seharian udah terlalu lelah di kantor kesana-kemari ngerjain ini itu, jadi prestasinya dia gak bisa secemerlang teman-teman lainnya. OH,Heyyy..gw juga pernah kuliah sambil kerja. Gw tau persis gimana rasanya berjuang melawan lelah dan kantuk ketika harus nerima materi kuliah setelah pulang kerja dan itu setiap hari! blom lagi pulang kuliah harus mengerjakan tugas dan baca study case buat kuliah keesokan harinya. Dijamin tiap hari akan kekurangan waktu tidur dan itu membuat ketahanan tubuh drop abis-abisan..beruntung gw masih diberi kemampuan buat beli vitamin yang harganya lumayan bikin hati gak rela buat ngeluarin uang sejumlah itu hanya untuk vitamin yang gak bisa bikin gw kenyang! hehehe..Dan untung saja gw harus menjalani itu dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun..kalo enggak,waduhhhh entahlah jadinya seperti apa..Gimana si Riko cobakk?? 4 tahun lhoo waktu yg dibutuhin buat menyelesaikan sarjana…so,yang sabar ya,nak..semua akan indah pada waktuNya 😉

Si Riko ini..adalah OB yang..pernah malu-malu galau pas minta tolong gw untuk membantu project akhir semesternya dia buat bikin blog untuk jualan online yang langsung dengan senang hati gw iyakan. Waktu gw tanya konsepnya dia untuk bisnis online-nya..dengan polos dia bilang pengen jualan JAMU ONLINE!!! haa???? gantian gw yang mangap denger ide “brilian”-nya dia..*speechless sejadi-jadinya*  tapi akhirnya gw bantuin juga untuk mewujudnya projectnya dia jadi penjual jamu online..haiyaaa tiap inget hal ini gw selalu ngakak! >.<

Si Riko ini..adalah OB yang..bela-belain nemenin gw nonton STEP UP REVOLUTION di bioskop waktu dia tau gw berencana buat nonton sendirian di bioskop..sampe ngajakin si Ijul segala (mantan driver kantor yang pindah ke perusahaan asing) buat nonton bareng..Disaat semua orang memandang gw dengan tatapan aneh bahwa kok gw mauan amat jalan bareng OB dan driver buat nonton bioskop pulakk! Lha? so what gitu? masalah buat Loooo? takut ya kalo nonton dengan pegawai yang dianggap rendahan bakalan bikin lo turun kasta? gw aja cuek, kenapa jadi lo yang ribet? blom tau kan lo kalo mereka berdua itu ngocol abiss jadi gw gak perlu jaim buat ngakak lebar bareng mereka..padahal topik omongan mereka cuma hal-hal sederhana..gak ada tuh yg namanya ngomongin gadget terbaru, mobil matic paling oke abad ini, pesan tiket pesawat buat liburan ke timbuktu, harga saham dan nilai investasi, atau nyobain resto steak yang paling happening saat ini. Ah,rasanyaaaa….kok malah nyaman banget yaaa gak ngobrolin hal-hal “ribet” yang malah bikin gw pusing untuk reach semua hal yg kayaknya udah jadi standar wajib untuk dimiliki seseorang yang berada di tempat gw berdiri saat ini.

Riko ini..adalah OB yang..sempet shock waktu gw ajakin makan di pinggiran kaki lima pasar BenHil
trus ngeliat harga nasi goreng udang-pete seporsinya sekitar Rp.30.000-an tapi kemudian senyum sumringah waktu liat porsinya yang melebihi porsi kuli plus rasanya yang yahud itu.

Si Riko ini..adalah OB yang..pernah curhat tentang pacar-nya (yang juga temen kampusnya) selalu rajin beliin dia baju gara-gara cewenya jengkel kalo bajunya si Riko cuma itu-itu aja..jadi bocah ini merasa gak enak hati sama ceweknya. Blah! *toyor kepala Riko* Bego banget sih lu!.. justru lo harus bisa melihat ketulusan cewe itu kaleee..cewe itu kalo udah cintahhhh..apa juga bakal dia usahakan buat orang yang dicintai..Cewe kayak gini ini yang langka dan harus dijaga serta disayang! udah tau si Riko cuma OB, mantan kuli angkut dan tukang batu..ngajak makan dan nonton bioskop aja cuma bisa sebulan sekali udah gitu jarang banget ngasih hadiah karena keterbatasan duit. Mana ada sih cewe jaman sekarang yang mau sama profil kayak eluuu,Ko!!! udahhh..pepet terus!! ntar kalo udah lulus kuliah trus punya kerjaan oke dan udah diangkat jadi pegawai tetap, langsung lamar aja buat dijadiin istri.!!! rugi lo kalo sampe kehilangan dia. Jarang loh cewe yang mau nerima cowo susah..jadi awas nanti kalo gw denger pas elo udah sukses trus punya niat poligami..ngeduain istri lo buat nikah sama cewe lain..bakalan gw jambak ntar rambut lo yaaa!! serius nih gw! *buset..knapeh malah jadi berapi-api gini gw* hahaha..

Si Riko ini..adalah OB yang..nyaris nangis plus speechless waktu kita kasih surprise kecil berupa Lemon cake-nya Holland Bakery plus lilin menyala lalu dinyanyiin lagu Happy birthday to you sama staff-staff di kantor pas pulang kerja. Sampe bilang makasih berkali-kali karena gak bisa membalas “kebaikan” dan nraktir orang-orang sekantor. Yeiyyy, gak apa-apa kalii,Ko..kami juga tulus kali tanpa mengharapkan balasan..justru kita bikin surprise ini karena sangat menghargai bantuan Riko selama ini. Sengaja gw dan teman-teman di kantor ngasih Riko cake karena kami tau bahwa seumur hidupnya sampe dia berusia 24 tahun ini..dia belum pernah merayakan ulang tahunnya apalagi sampe dikasih cake segala pake lilin menyala dan disuruh make a wish..makanya tadi dia sempat shock banget..Horee!!! Berhasil!!!

Dari semua hal yang gw tulis diatas..jelas sudah bagaimana secara gak langsung gw belajar banyak hal dari dia..tentang ketulusan dan kejujuran dalam bekerja..tentang impian untuk masa depan yang lebih baik, tentang kesederhanaan, tentang bagaimana untuk bersyukur, tentang bagaimana untuk menjadi diri sendiri dan banyak hal-hal lainnya dari seorang anak bernama Riko Permadi ini.

Bukan berarti sebelumnya gw gak memiliki nilai-nilai yang “secara gak langsung” udah diajarkan oleh Riko kepada gw, tapi dengan adanya dia di kantor, gw bisa lebih untuk merefleksikan diri bahwa ohh di tengah-tengah kerasnya kehidupan Jakarta, ternyata ada seorang pribadi yang gak “tergilas” arus perubahan jaman, hedonisme, matrealisme dll..yah,taruhlah karena memang sekarang dia memang memiliki keterbatasan dalam soal karir dan keuangan. Keadaannya mungkin akan berbeda ketika someday dia sudah sukses dengan karir dan keuangannya, tapi setidaknya gw bersyukur ketika si Riko belum jadi pribadi yang sukses, gw sempat belajar banyak dari orang seperti Riko dan semoga saja karakternya akan tetap seperti itu walau dia nantinya sudah sukses dengan karir dan keuangannya.

Well, Happy Birthday Riko..Wish You all the best!! Besok-besok kalo lo udah jago buat “munyer-munyer” make blog dan secara gak sengaja nemu tulisan ini..inget satu hal..tetaplah rendah hati yaaa!!! God Bless YOU.

*lirik jam di komputer*

WHOAAAAAAA…Udah jam 5 subuh blom tidur..ahiksss calon jadi vampire lagi ini mah di kantor..haiyaaaaaaaaaaa apa kabar tidur gw?apa kabar saat teduh?apa kabar kemeja gw yang blom disetrika? apa kabar konduite kalo pagi ini gw telat lagi??apa kabar duniaaa??? T_T

Pagi ini mau poles dempul agak tebal ah buat muka..pake BB Cream banyak-banyak..biar gak keliatan mata panda sama muka zombie-nya..biar gak kaget juga pas di depan kaca waktu memandang diri sendiri. DANNNN…semoga gak ketiduran di kamar mandi..kalo pun bisa keluar tepat waktu dari kamar mandi..smoga gak ketiduran di bis sambil ngiler *idiihhh* bikin malu dunia akhirat aja.

Bless me God!
*ambil handuk*

*ngesot zig-zag ke kamar mandi*

One thought on “Saat Tuhan mengirim seorang Office Boy untuk menjadi seorang “Guru” bagi gw ;)

  1. bagus artikelnya…
    saya juga ob nich….
    mudah2 an saya juga bisa menjalani kehidupan dan kuliah ampe berhasil….

    salam buat mas rico…..

    salam ob(orang baik) hehehehe..

Leave a Reply

