Benarkah Israel bangsa kesayangan Allah?

Warning bagi yang mau baca tulisan gw yang satu ini, Tulisan ini hanya pendapat pribadi gw semata, ya maaf kalo ada yang merasa gak suka atau kurang sependapat. Gw memang gak ahli di bidang persejarahan atau theologi. Nggak! Terlalu rumit buat otak gw untuk memahami apa yang terjadi di masa ribuan tahun yang lalu. Apa yang gw tulis kali ini hanya sebuah pikiran yang tiba-tiba terlintas dalam otak karena tadi secara gak sengaja baca status facebook seorang teman. Jadi tolong siapkan hati yang bersih kalo mau baca artikel ini, suapaya gak merasa panas hati. Toh ini kan blog pribadi, jadi bebas dong mau nulis apa aja yang sedang terbersit di pikiran gw. Jangan terlalu serius bacanya, lha gw yang mikir buat nulis ini aja gak serius-serius amat mikirnya. So, nikmati ajalah. Tinggal close ini kok kalo emang ga suka sama topiknya ๐Ÿ™‚

Tadi waktu iseng buka facebook dari laptopnya bokap, ada satu status yang muncul di timeline dan membuat gw ga tahan untuk langsung memberikan komentar. Iya! Status ini benar-benar menggelitik otak untuk langsung berpikir.

Nah, ini dia bunyi statusnya : “Melihat Israel kini, tak bisa melihatnya seperti dalam Bible. Kini ia negara-bangsa yg menganiaya bangsa lain…” -SS-

Sempat terlintas dalam pikiran gw, bagaimana bisa Israel yang merupakan sebuah wilayah yang ga terlalu besar kalau dibandingkan dengan negara kita, nekat bikin onar dengan perang disana-sini, dan melakukan pelanggaran disana-sini. Bayangin deh, posisinya Israel itu diapit sama negara-negara Arab lainnya. Luas negaranya aja gak sampe 25.000 KM, Penduduknya cuma 7.5 juta, dilempar Nuklir berapa biji aja langsung ludes kok itu satu negara, tapi kenapa negara-negara Arab nan kaya yang sanggup beli nuklir buat menumpas Israel yang letaknya berada di sekulilingnya kok terlihat ‘ga berkutik’ atau terkesan enggan ikut campur dengan kesewenang-wenangan Israel? Oke, lupakan tentang mengirim beberapa bom nuklir ke wilayah Israel karena sekarang memang bukan jamannya perang dunia yang suka menjatuhkan bom atom seenak jidat di negara orang! Atau emang negara-negara yang memiliki konflik dengan Israel gak sanggup dan kewalahan buat menembus artileri dan tembok pertahanan Israel?

Padahal kalau dipikir-pikir, kedaulatan negara Israel itu banyak yang tidak mengakui loh! Bisa dibayangkan kan sebuah negara kecil, yang tidak semua negara mengakui kedaulatannya, bukan penghasil minyak berlimpah seperti negara arab lainnya, sanggup bikin onar sama negara-negara di semenanjung arab xixixixixixi…swear! Masih ga kepikiran dapat kekuatan darimana itu Israel buat bikin onar dan bertahan dari gempuran musuh. Amerika? well, kalo itung-itungan kekayaan sih, Amerika itu gak seberapa kaya lah dibandingkan negara-negara kecil penghasil minyak di semenanjung arab!Jadi kalo cuma buat mendanai project bikin senjata paling canggih dan paling mahal sih, negara-negara arab bisa dibilang jauh lebih mampu dan leb!ih berduit!

Jadi ingat perkataan seorang teman beberapa tahun yang lalu waktu gw dan dia lagi asik ngopi cantik di sebuah kafe, “Gimana bisa sih mau ngalahin Israel, lha bangsa Israel itu kan bangsa yang terberkati, Bangsa kesayangan Allah!”

Hmm…ada benarnya juga perkataan teman gw itu, kalo kita ambil sebuah analogi, siapa sih yang bisa ‘mengusik’ anak kesayangan Ayah, walau bandelnya minta ampun?? Walau nakal juga pasti ‘dibelain’! Paling kalo nakal cuma ‘ditegur’ atau ‘dicubit’ dikit hihihihi..

Sejak jaman Abraham, Ishak,Yakub, dan Musa, sepertinya Allah sayang banget sama bangsa Israel ini. Buktinya banyak janji yang Allah berikan dan digenapi buat keturunan-keturunan bangsa ini.

Apa alasan dari Allah sehinggaย  Israel dipilih dan ditetapkan sebagai umat pilihan-NYA? Mengapa bukan bangsa lain?

Inilah alasan kenapa Allah memilih Israel menurut Alkitab :

โ€œSebab engkaulah umat yang kudus bagi Tuhan, Allahmu; engkaulah yang dipilih oleh Tuhan, Allahmu, dari segala bangsa di atas muka bumi untuk menjadi umat kesayangan-NYA. Bukan karena lebih banyak jumlahmu dari bangsa mana pun juga, maka hati Tuhan terpikat olehmu dan memilih kamuโ€“bukankah kamu ini yang paling kecil dari segala bangsa?โ€“ Tetapi karena Tuhan mengasihi kamu dan memegang sumpah-NYA yang telah diikrarkan-NYA kepada nenek moyangmu, maka Tuhan telah membawa kamu keluar dengan tangan yang kuat dan menebus engkau dari rumah perbudakan, dari tangan Firaun, Raja Mesir. Sebab itu haruslah kau ketahui, bahwa Tuhan, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia, yang memegang perjanjian dan kasih setia-NYA terhadap orang yang kasih kepada-NYA dan berpegang pada perintah-NYA, sampai kepada beribu-ribu keturunan โ€ (Ulangan 7:6-9).

Alasan Allah memilih Israel karena kehendak Allah sendiri, kehendak dalam hikmat, kuasa, visi dan misi Allah bagi dunia. Kira-kira begitu sih kalo menurut gw.

Sengaja gw masukin ayat itu, karena di ayat itulah semuanya dijawab dengan jelas, Bangsa/negara yang paling kecil, yang dulunya dibebaskan dari perbudakan Mesir, dikasih janji setia Tuhan sampai kepada beribu-ribu keturunannya pulak! Kurang sayang apa coba? Asalkan bangsa Israel tetap Kudus di hadapan Allah, janji setia itu tetap akan ada pada bangsa Israel.

Ada satu kalimat yang cukup meggelitik logika gw dari ayat diatas, kalo dirunut dari sejarahnya, Perang ARAB-ISRAEL itu dipicu oleh ketidakpuasan orang Arab atas kekalahan Mesir dalam Perang Arab-Israel tahun 1948 dan 1956. Lalu pada Perang Arab-Israel 1967, yang merupakan peperangan antara Israel menghadapi gabungan tiga negara Arab, yaitu Mesir, Yordania, dan Suriah, dan ketiganya juga mendapatkan bantuan aktif dari Irak, Kuwait, Arab Saudi, Sudan dan Aljazair. Perang tersebut berlangsung selama 132 jam 30 menit (kurang dari enam hari), dan hanya di front Suriah saja perang berlangsung enam hari penuh. Hasil dari perang inilah yang memengaruhi geopolitik kawasan Timur Tengah sampai hari ini.

Coba deh baca paragraf diatas! Bayangkan aja, perang keroyokan selama nyaris 20 tahun tidak bisa membuat Israel bertekuk lutut dihadapan Mesir! Sampe bego juga gak bakalan Menang deh tuh Mesir! AH, Arlinda sotoy yak! Enggak kok, bukannya gw sotoy, tapi coba baca lagi deh ayat dari kitab Ulangan ini :

Tetapi karena Tuhan mengasihi kamu dan memegang sumpah-NYA yang telah diikrarkan-NYA kepada nenek moyangmu, maka Tuhan telah membawa kamu keluar dengan tangan yang kuat dan menebus engkau dari rumah perbudakan, dari tangan Firaun, Raja Mesir. Sebab itu haruslah kau ketahui, bahwa Tuhan, Allahmu, Dialah Allah, Allah yang setia, yang memegang perjanjian dan kasih setia-NYA terhadap orang yang kasih kepada-NYA dan berpegang pada perintah-NYA, sampai kepada beribu-ribu keturunan.

Nah! Waktu jamannya Musa, Tuhan sendiri loh yang menebus kebebasan bangsa Israel, dan berjanji memegang janji setia itu sampai pada keturunan yang ke sekian ribu! Beribu-ribu keturunan! Jadiiiiiiiiiiiii, wajar aja kalo perang yang terjadi antara Israel dan Negara-negara disekitarnya cuma kayak Tom and Jerry gitu! Lha, kalo Big Boss udah bilang begitu, mau setengah mati Negara-negara semenanjung Arab bantuin Mesir, sampe lebaran kuda juga gak bakalan tuh Israel jatuh ke tangan Mesir lagi, kecuali atas ijin Allah sendiri! Tapi mana ada sih BAPA yang menyerahkan anaknya untuk dieksekusi musuh walau ‘senakal’ apapun anaknya itu? Kira-kira begitulah analisa gw yang tidak pintar sejarah dan theologi ini ๐Ÿ˜€

Kalau mengenai Konflik Israel-Palestina, ini bukanlah sebuah konflik dua sisi yang sederhana, seolah-olah seluruh bangsa Israel (atau bahkan seluruh orang Yahudi yang berkebangsaan Israel) memiliki satu pandangan yang sama, sementara seluruh bangsa Palestina memiliki pandangan yang sebaliknya. Di kedua komunitas terdapat orang-orang dan kelompok-kelompok yang menganjurkan penyingkiran teritorial total dari komunitas yang lainnya, sebagian menganjurkan solusi dua negara, dan sebagian lagi menganjurkan solusi dua bangsa dengan satu negara sekular yang mencakup wilayah Israel masa kini, Jalur Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem Timur.

Ditilik dari awal mula penyebab konflik, intinya adalah perebutan wilayah Jalur Gaza, Tepi Barat, dan Yerusalem Timur. Enggak ngertilah kisah lengkapnya gimana, baca sejarah awal mulanya di wikipedia aja udah langsung mumet. Kalo dibilang Israel kejam karena menyerang daerah-daerah padat penduduk di Palestina, Oh c’mon! Begitulah negara yang sedang berperang! Gak Israel gak Palestina sama-sama melakukan serangan. Dan yang namanya perang, pasti banyak korban berjatuhan, terutama penduduk sipil. Dua-duanya sama kejam! Sama-sama egois.

Jadi inget cerita dalam alkitab waktu jaman gw kecil dulu, tentang Daud orang Israel melawan Goliat orang Filistin ( a.k.a Palestina), seorang remaja bertubuh kecil seperti DAUD bisa mengalahkan bahkan menewaskan Goliat yang merupakan seorang pendekar dengan tubuh yang luarbiasa besarnya. Tingginya dikatakan 6 hasta sejengkal atau sekitar 2,90-3.0 meter. Begitu besarnya tubuhnya sehingga dikatakan seperti raksasa. Setiap hari ia maju ke depan orang Israel dan menantang mereka untuk memajukan salah seorang dari mereka berhadapan dengannya. Itu dilakukan sampai hari keempat puluh.

Tetapi Daud berkata kepada orang Filistin itu: “Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam, Allah segala barisan Israel yang kautantang itu. Hari ini juga TUHAN akan menyerahkan engkau ke dalam tanganku dan aku akan mengalahkan engkau dan memenggal kepalamu dari tubuhmu; hari ini juga aku akan memberikan mayatmu dan mayat tentara orang Filistin kepada burung-burung di udara dan kepada binatang-binatang liar, supaya seluruh bumi tahu, bahwa Israel mempunyai Allah, dan supaya segenap jemaah ini tahu, bahwa TUHAN menyelamatkan bukan dengan pedang dan bukan dengan lembing. Sebab di tangan Tuhanlah pertempuran dan Iapun menyerahkan kamu ke dalam tangan kami.”

Dengan hanya satu hantaman batu kecil yang mengenai di antara kedua mata Goliat membuat si raksasa itu jatuh dan mati.

NAH LOH! Dari cerita diatas, harusnya udah tau dong bahwa Tuhan benar-benar memegang janjiNya! Bayangin aja, seorang raksasa seperti Goliat bisa terbunuh oleh seorang anak remaja berbadan kecil yang bernama Daud hanya dengan sekali hantam??? Kalo bukan karena kuasa Tuhan ada atas Daud, emangnya bisa apa si Goliat sampai tewas dengan gampangnya gitu?

Belakangan ini kalo liat berita di TV, dan Social Media, banyak banget yang demo anti Israel. Gak cuma demo, mereka juga mengutuki perbuatan yang dilakukan Israel atas serangan-serangan yang banyak menewaskan anak-anak. Tapiiiiiiiiii, hellow hati-hati loh Indonesia, kalo kamu mengutuki bangsa Israel, berarti kamu juga mengutuki Allah orang Israel!! Bukannya gw berpihak sama bangsa Israel, bukan!!! Ngapain juga sih pake acara berpihak segala, lhaa ga ada untungnya juga kok buat gw! Hanya saja, mengutuki bangsa Israel berarti mengutuki Allah orang Israel juga, mengutuki Allah berarti????? *aduhh, ga berani ngelanjutin deh..ngeriiiiiii*

Lagipula, orang-orang Indonesia itu emang suka latah, bisa peduli sama bangsa lain yang teraniaya, tapi gak peduli sama bangsanya sendiri yang lebih teraniaya. Terlihat seperti cari muka lah orang-orang Indonesia ini! Rasanya pengen ketawa dan emang beneran ketawa sinis waktu denger ada ratusan relawan yang siap dikirim ke Gaza untuk membantu orang-orang Palestina WHAT????? CARI MUKA DAN CARI MATI! PLUS NYUSAHIN!!!

Kenapa coba gw sampe bilang cari muka dan cari mati plus nyusahin???

CARI MUKA karena sok tampil di depan mata dunia bahwa kita siap membantu orang-orang disana, padahal di negaranya sendiri belum tentu mereka mau jadi relawan, contoh kecilnya aja deh, waktu ada kerusuhan etnis di Lampung baru-baru ini, siapa coba yang berkoar-koar pengen jadi relawan kesana setelah beberapa desa porak-poranda akibat kerusuhan??? mana coba??manaaaaaa???????????? nah, silahkan dinilai sendiri, orang-orang yang pengen kesana itu sebenarnya bagaimana…

CARI MATI karena belum tau medannya disana seperti apa! Dikira kejatuhan roket sama misil itu cuma kayak kena timpukan batu kali ya? Mau jadi relawan yang kayak gimana coba? mau bantuin apa? bagaimana koordinasinya?? Denger petasan meledak aja udah pada jejeritan, gimana denger rudal pas menghantam tanah atau bangunan?? Hellow, pinter dikit napa sih jadi orang! Noh bantuin saudara sebangsa lo aja dulu! Blom tentu kalo tetangga lo yang sakit trus minta bantuan pinjeman duit buat berobat lo mau ngasih! Jadi ga usah mikir mau jihad ke tanah tak dikenal deh lo! BUNUH DIRI itu namanya! *sigh*

NYUSAHIN!!!!!! Kenapa gw bilang nyusahin coba?? ya karena kalo mereka yang pada sok-sokan jadi relawan kesana tiba-tiba tewas gara-gara kena roket, atau jadi tawanan musuh, atau hilang tanpa berita itu seluruh pegawai kedutaan Indonesia pasti dbuat repot! Repot mengevakuasi lah, repot nyari orangnya lah, repot mulangin jenasahnya lah, karena yang bertanggung jawab atas keberadaan orang Indonesia di Palestina ya orang-orang kedutaan Indonesia disana. So,please deh..sadar diri! Dari mulai lahir aja elo udah nyusahin enyak, babeh dan keluarga lo yang lainnya, masa mati juga masih mau nyusahin orang-orang diujung dunia sana! huftttt…

Iyaa Israel bandel! Bandel karena hobinya ‘berantem’ dan melukai orang-orang yang tidak bersalah! Begitu banyak pelanggaran Hak Asasi yang dilakukan Israel. Tapi balik lagi ke analogi diatas, Siapa sih yang bisa mengusik anak kesayangan Bapa? Kalo pun anak itu terlalu nakal, sebagai Bapa yg baik, Dia juga nanti pasti akan kasih ‘pelajaran’ biar anaknya sadar! Udah jadi gambaran umum tho kalau anak yang terlalu disayang dan dimanja itu pasti rada bandel. Tapi gw yakin Tuhan pasti punya maksud, ga usah mengutuk, ga usah memihak, yang bisa kita lakukan ya berdoa supaya Tuhan buka mata mereka untuk mau berdamai. Tuhan tau kok mana yang terbaik untuk keduanya, kalo pun mau ngasih bantuan secara fisik, saran gw, bantulah dulu sesama kita di negara ini yang benar-benar membutuhkan bantuan. ๐Ÿ™‚

*Sumber pendukung :

http://id.wikipedia.org/wiki/Konflik_Israel_dan_Palestina

http://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Enam_Hari

http://id.wikipedia.org/wiki/Israel

Advertisements

11 thoughts on “Benarkah Israel bangsa kesayangan Allah?

    • blog2 gw, jadi suka-suka gw dong mau nulis apaan. Yang punya wordpress aja ga ngelarang gw mau nulis apaan.situ ga suka?merasa terganggu?panas hati? ya ga usah baca lah. Daripada ngatain orang bodoh, mendingan kamu belajar tata cara sopan santun aja untuk komen. kalo emang lo pemberani, buka dong identitasnya, kalo mau ngatain orang bodoh, harus transaparan dong tunjukkan jati diri? jadi cengli dong, jadi gw bisa nrima kritik lo secara terbuka. gimana? setuju? ๐Ÿ™‚

  1. maaf sob..menurut alquran ,bangsa Israel gak akan bias dikalakan sebelum nabi isa turun ke bumi
    itu berarti Israel akan klah klw ni jaman mw kiamat,…

  2. kalau begitu tuhanmu rasis dong. masa cuman diberkati orang israel , kasian dong bangsa yg lain di no 2 kan,trus bagaimana dengan orang2 kristen apakah diberkati oleh orang2 israel juga? trus orang2 israel yg suka bunuh berarti jg diberkati ya? israel yg suka ngerobek bible juga diberkati ya? israel yg suka mencoret2 gereja di jerusalem jg diberkati ya? wow hebat tuhanmu. tapi kasian umatnya dijadiin kacung oleh bangsa yg pernah mau membunuhnya.
    untung tuhan gw gak membeda2kan ras suku gol, semua sama derajatnya, mau dari cina jepang indo semuanya sama. yg membedakan cuman keimanan. kasih untuk semua (ini beneran kasih bukan kasih abal2), coba belajar filsafat biaar gak terlalu bodoh2 amat.

    kata2 rabi yahudi tentang non yahudi khususnya untuk kristen:
    Major Rabbi Ovadia Yosef: “non-Jews are donkeys, created to serve Jews, That is why gentiles were created,โ€ he added.

    • Helloo broo..
      Siapa bilang yg memberkati orang kristen itu orang Israel?? Ga punya hak dia!! Yang memberkati kami hanya Tuhan Yesus saja
      Tuhan tidak pernah membeda2kan kasihNya termasuk orang2 jahat dan hina pun di kasihiNya.. itulah yg disebut kasih Agape,, klo kmu ambil contoh spt orang Israel yg kmu bilang bakar alkitab,, m’coret gereja dsb mereka masih terberkati.. coba saya ambil cth spt agamamu yg mencuri, membunuh, memperkosa atau yg spt ISIS kejamnya?? Tidak dibinasakan semua oleh Tuhan mu kan!!
      Dan jangan menjudge “berarti Tuhan mu rasis dong” ( ingat bro berbicaralah dg santun )
      Kami tidak pernah sedikitpun merasa di rasiskan krn Tuhan menyayangi bangsa Israel karena kami sllu merasakan berkat yg sama spt yg Tuhan berikan kpd bangsa Israel lewat pribadi kami masing2.
      Semoga kasih Kristus menyertai mu juga.. Amin..

  3. Puji Tuhan Allah yang Maha Besar, Maha Kuasa Raja sgala raja…. yg Baik dan Bijaksana yg juga Pemcemburu dan marah terhadap orang2 yg membenci Allah dan anak2Nya. Sbagai anak Tuhan saya hnya Takut , taat dan percaya pada Firman Tuhan, tak pdli ap kata dunia. Sbb kita bkn mlik dunia lg sejak Ditebus Yesus dri dosa2. amen. Allah Bapa menyertai kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s