Fenomena Harlem Shake

Beberapa hari belakangan ini,  di social media macam Youtube dan twitter heboh dengan fenomena Harlem Shake. Awalnya sih gak terlalu kepo dengan Harlem Shake, malah tadinya gw kira nama seseorang gitu *sigh*. Secara gw juga gak terlalu ngikutin ‘trending topic’ yang terkadang memenuhi timeline gw di twitter, tapi pakta selebtwit selalu sukses untuk memblow up suatu fenomena baru di social media. Alhasil gw pun penasaran sama Harlem Shake ini. Mulailah gw mencari info tentang Harlem Shake ini.

Hoalahhh..ternyata Harlem Shake itu video lucu-lucuan yang diupload di Youtube gitu. Video ini punya ciri khas, dimulai dari seseorang yang berada di sebuah ruangan dengan beberapa orang lainnya, biasanya pakai helm atau penutup kepala, lalu seseorang ini mulai menari atau melakukan gerakan-gerakan gak jelas gitu, orang-orang disekelilingnya pura-pura gak ‘ngeh’ dengan orang yang mulai gerak-gerak gak jelas ini, gak berapa lama, mulai deh orang-orang diseluruh ruangan ikut-ikutan melakukan gerakan massal. Setiap video yang diupload punya musik yang sama dan berdurasi rata-rata 30 detik. Jujur ,awalnya sempat gak ngerti mereka itu ngapain dan tujuannya melakukan gerakan-gerakan seperti itu tuh buat apaan, ternyata oh ternyata, hanya ajang pamer kreatifitas saja. haiyaaaaa!!!! *jedot-jedotin jidat ke tembok*

Fenomena Harlem Shake ini disebut-sebut menggeser kepopuleran Gangnam Style yang heboh banget di tahun 2012 lalu.  Sama seperti Gangnam Style, Harlem Shake ini juga ‘meracuni’ seluruh kalangan, mulai dari pelajar, pegawai kantor sampai artis mengupload video mereka yang ber-Harlem Shake ria.

Sejarah Harlem Shake itu sendiri adalah sebuah tarian, terinspirasi dari Eskista. Sebuah dansa ala Ethiopia yang berkembang di daerah Harlem, New York, sekitar tahun 1981. Dan tahun 2001 tarian ini mulai popular berkat rapper bernama G Dep yang memasukan tarian Harlem Shake di Vklipnya berjudul “Lets Get It”. 

Kalo menurut gw, Harlem Shake ini agak mirip dengan flash mob, tarian dimulai satu orang dan beberapa lama tiba-tiba diikuti oleh banyak. Yang bikin beda, gerakan tarian Harlem Shake sangat acak dan tidak beraturan. Mereka bergerak sesuka hati, biasanya dilakukan dengan cara menggerakkan pinggul dan tangan secara bersamaan ke depan dan ke belakang. Yang dibutuhkan saat membuat Harlem Shake adalah kreativitas dan inovasi, agar beda dengan yang lain. 

Video Harlem Shake paling kreatif menurut gw adalah yang ada di dalam kolam renang seperti yang pernah gw upload sebelumnya di Facebook. Asli deh, niat abis tuh bikin video kayak gitu. Yah, antara kreatif,kurang kerjaan, dan gila itu memang cuma beda tipis!  -___-”

harlem2-4_3_r536_c534

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s